Tarsius Si Kecil Yang Pemalu

Tarsius Si Kecil Yang Pemalu

Penasaran dengan primata ini , ketika mendapat kesempatan tugas luar kota dan tepatnya ke kota Manado yang dekat dengan hutan lindung Tangkoko dimana hutan lindung Tangkoko menjadi rumah dari primata Tarsius ini saya tidak membuang kesempatan segera setelah tugas selesai saya langsung meluncur ke Kota Bitung .

Untuk menuju Kota Bitung dari kota Manado hanya bisa melalui jalur darat dan lewar jalur darat ini pula tersedia beberapa pilihan anda bisa menggunakan taksi atau jika mau yang lebih murah dan terjangkau bisa menggunakan bis dari terminal Paal 2 kota manado , untuk sampai ke Tangkoko waktu yang diperlukan dari Kota Manado adalah sekitar 1 jam perjalanan .

nantidulu.com
Harus banyak sabar untuk bisa bertemu dengan Tarsius

Seperti judulnya mengapa saya bilang pemalu dan kecil , iya bentuknya hampir-hampir mirip dengan tikus dan pemalu karena si Tarsius suka bersembunyi dan tinggal di pohon-pohon besar dan aktif pada malam hari waktu itu saja kami hanpir tidak bertemu dengan si kecil pemalu ini , namun beruntung saat kami hampir menyerah tiba-tiba ehh beberapa kawanan nongol dan langsung kami abadikan dengan kamera . Bertemu dengan si kecil pemalu atau tarsius benar-benar memberikan sensasi baru dan pengalaman baru bagi saya harus banyak bersabar dan menyatu dengan alam sejenak

Tarsius adalah primata dari genus Tarsius, suatu genus monotipe dari famili Tarsiidae, satu-satunya famili yang bertahan dari ordo Tarsiiformes. Meskipun grup ini dahulu kala memiliki penyebaran yang luas, akan tetapi semua spesies yang hidup sekarang jumlahnya terbatas dan ditemukan di pulau-pulau di Asia Tenggara.

Sayang si munggil lucu ini dengar-dengar katanya salah satu jenis yang terancam alias hampir punah , semoga tetap lestari deh agar pengalaman saya bertemu dengan tarsius ini masih akan dirasakan generasi dibawah kita .

Enda Dunggio
Suka foto-foto tp bukan photographer Suka jalan-jalan tp bukan traveler

Hujan Pagi di Danau Linow

Hujan Pagi di Danau Linow

Embun pagi dan gerimis membuat suasana semakin dingin dan sejuk , saya masih terdiam terpaku menatap keindahan luar biasa di depan saya  Danau Linow kembali membuat saya tertegun tenang terbawa suasana bersama alam .

Danau Linow berjarak 30 km dari Kota Manado atau memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan, Danau Linow dapat ditempuh 3 km arah ke barat dari Kota Tomohon. Hijau pepohonan dan gunung Lokon akan menjadi pemandangan dalam perjalanan anda

nantidulu.com
Tak perlu menghitung setiap tetes hujan yang jatuh kamu cukup merasakannya

Hujan turun pagi itu , kabut asap dari belerang bertebaran di atas danau burung pelikan menari di depan saya berenang bersenda gurau dengan sesamanya . Beruntung saya merasakan pemandangan dan suasana ini jauh dari hiruk pikuk kota sejenak kertas menumpuk dimeja kerja pun seakan hilang berganti ketenangan dan sejuknya udara pagi itu . Inilah suasana yang tepat menurut saya jika ingin mengunjungi danau Linow . Oh ya.. untuk masuk di lokasi danau Linow tiket masuk per orang Rp. 25 Ribu serta mendapatkan secangkir kopi atau teh

Ya.. Tak perlu menghitung setiap tetes hujan yang jatuh kamu cukup merasakannya dan biarkan hujan itu turun dan mengalir membawa kesejukannya

nantidulu.com
AKU tidak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi , @villanavilla Danau Linow Tomohon Manado

Pada akhirnya semua suasana ini hanya membuat aku tersenyum jauh dari kata menangis karena sesuatu yang telah berakhir , terima kasih pagi dan hujan telah hadir di danau Linow bersamaku . 🙂

Navila
Disini ku menyimpan sebagian kenangan terindah… Karena ingatan tak cukup utk menampung semua kenangan yang ada…

Yogyakarta sekali gak cukup

Yogyakarta sekali gak cukup
Yogyakarta sekali gak cukup kok bisa ???
Saat mendengar nama kota ini disebut yang terbersit di benak pasti tentang suatu tempat yang istimewa sehingga disebut dengan Daerah Istimewa dan Yogyakarta juga sering disebut dengan istilah Never Ending Place, sebab jika berkunjung ke Yogyakarta cuma sekali rasanya belum cukup, dan Anda akan datang lagi untuk ke dua kali, tiga kali dan seterusnya ke Yogyakarta intinya bawaanya pengen nambah hehehe. Nampaknya tempat ini tidak ada habisnya untuk dibicarakan apalagi berkunjung kesana. Jogja adalah kota yang menyimpan sejuta kenangan yang menarik, dan ingin kembali mengunjungi suatu hari nanti. Ada ratusan tempat wisata yang layak di kunjungi di Jogja, mulai dari kuliner hingga tempat bersejarah, dari modern hingga tempo doloe
Saya memulai Perjalanan ke Yogyakarta dari Jakarta karena kebetulan lagi tugas ke Ibu Kota. Setelah tugas selesai saya memilih untuk mengunjungi jogja sebab rasa penasaran tentang kota ini dari cerita teman yang pernah berkunjung ataupun pernah tinggal di kota Yogyakarta.
nantidulu.com

nantidulu.com
Suasana sejuk alam pedesaan serta pemadangan pagi hari yang sangat mempesona di kiri kanan jalur kereta saat memasuki kota

nantidulu.com
Mentari Pagi Pertama Saya di Jogja
Tepat Pukul 06.00 WIB kereta tiba di Stasiun Tugu, pemandangan pertama adalah ruang tunggu dengan desain arsitektur jawa memancarkan  keramahan khas orang Jawa berasa seakan-akan bukan berada di ruang tunggu stasiun.

nantidulu.com
Kursi Meewah berjajar rapih seperti bukan berada di stasiun
 

Bagi backpacker yang ingin mengunjungi kota Yogyakarta dengan budget minim di kota ini banyak penginapan murah yang tersedia tapi gak murahan dengan harga kurnag lebih 100 ribu  – 150 ribu, setelah menemukan penginapan yang sesuai kantong mulailah saya mengintip setiap sudut kota dengan viewfinder kamera yang selalu jadi travelmate dalam setiap perjalanan.

 

nantidulu.com
Aktivitas pagi kota Jogja
Bagi anda yang traveling ala backpacker juga terdapat alat transportasi roda dua yang disewakan dengan tarif 60k – 75k untuk 1×24 jam, murah kan buat traveler kantong tipis seperti saya… hehehe
Hari pertama sebelum menjelajahi Jogja saya memilih mengunjungi “Architecture Heritage” yang ada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah yakni Candi Borobudur dan Candi Mendut untuk menambah studi ekskursi saya tentang Arsitektur Nusantara.

nantidulu.com
Welcome to Borobudur
nantidulu.com
Patung Budha di salah satu sisi puncak Candi Borobudur
nantidulu.com

nantidulu.com
Candi Mendut
Kurang lengkap nih klo ke Jogja terus gak ngunjungin  Wisata Merapi , Sebagai info untuk wisata merapi kita bisa menggelilingi gunung tersebut dan melihat sisa-sisa erupsi merapi pada tahun 2010 sebagaimana diketahui bersama sangat dahsyat letusanya, tersedia jasa sewa mobil off road atau motor trail untuk bisa sampai ke daerah terakhir atau di Desa Kinahrejo, tour ke Kinahrejo sering juga disebut dengan wiasata Lava tour, bagi anda yang suka dengan wisata menantang ya disinilah tempatnya.Setelah mengunjungi dua lokasi bangunan yang memiliki nilai arsitektur tinggi, saya lanjutkan perjalanan untuk mengunjungi wisata alam di Yogyakarta untuk menikmati keindahan Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Sleman dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit dari Candi Borobudur. Sayangnya ketika tiba di pemukiman terakhir di kaki Gunung Merapi waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB dan saya harus segera ke wilayah selatan Yogyakarta untuk mengejar matahari terbenam di pantai selatan berhubung favorit saya jika mengunjungi daerah-daerah lain di Indonesia adalah menikmati dan mengabadikan keindahan sunsetnya .. lihat juga foto-foto Sunset saya waktu di Manado

nantidulu.com
Mobil Offroad yang saya pake untuk wisata Merapi
 
 
nantidulu.com
Parangritis Beach
 
 
nantidulu.com
Berkuda sambil nunggu senja di Parangritis
Dan pada akhirnya Semburat jingga cahaya senja yang baru saja memantul dari hamparan pasir yang dihempas riak ombak warna warni cantik suasana romantis di langit Pantai Parangtritis menghipnotis para penikmat senja yang enggan beranjak dari tempatnya sambil berdecak kagum akan keindahan alam ciptaan sang maha Illahi Rabb, Inilah salah satu senja terbaik di Parangtritis. Saya bahagia disini
nantidulu.com
Captionnya nantidulu .. admin blm mendaptkannya nanti di cari di ig beliau @dunggio_hendra aja banyak foto-foto kerennya hehehehe

Itulah perjalanan singkat saya di kota keren ini , akhir kata dari perjalanan kali ini adalah  Yogyakarta sekali gak cukup 

Enda Dunggio
Suka foto-foto tp bukan photographer Suka jalan-jalan tp bukan traveler

Togean sepotong surga yang jatuh ke bumi

“My heart belongs to the sea, and Home is where your heart is ” @ririn_milyana

Aku memutuskan untuk pergi dengan My Best Friend dan juga My Travel Mate InQy untuk liburan akhir pekan. Kami langsung ke pelabuhan Gorontalo tepat setelah jam bekerja, butuh waktu sekitar 15 menit dari kota dengan Bentor (Becak Motor) dan Anda dapat membayar 10 ribu rupiah. Dari bandara, itu akan mengambil minimal 1 sampai 1 setengah jam, tergantung pada lalu lintas tapi jangan khawatir, hampir tidak ada kemacetam disini, di Gorontalo. Dari bandara Anda dapat mengambil mobil atau disebut kijang taksi untuk 75 ribu rupiah setiap atau per orang. Sebenarnya Kepulauan Togean atau Togeans merupakan bagian dari Sulawesi Tengah tapi itu yang paling dekat dari Gorontalo daripada dari Palu, ibu kota Sulawesi Tengah. Dan yang juga lebih murah karena bukan terbang dari Jakarta ke Palu dan mengambil bus semua jalan ke Ampana dan menangkap feri ke Wakai, itu akan jauh lebih baik dan menghemat banyak waktu Anda untuk hanya terbang dari Jakarta ke Gorontalo dan mengambil feri Langsung ke Wakai. Harga feri 63.000 rupiah untuk kelas ekonomi, 72 ribu rupiah untuk Tatami (garis Tidur dengan kasur), 89 ribu rupiah untuk kelas bisnis dengan kondisi udara (AC) setiap hari Selasa dan Jumat 17:00. Perjalanan ke Togeans akan 12 jam yang panjang tetapi sekali Anda sampai di sana, itu semua akan sia-sia … Togean sepotong surga yang jatuh ke bumi

Kamipun tiba di Wakai pukul 8 pagi dan sebuah speed boat Hitam sedang menunggu untuk membawa kami ke Pulau Kadidiri, yang paling dekat dan pulau paling populer di Togeans,

nantidulu.com

nantidulu.com
Pondok Lestari , Kadidiri Island

hari pertama di pulau kami bersantai di tempat tidur gantung, membaca buku , bermain kolam renang, berenang di depan bungalo dan menikmati matahari terbenam. Kami mengambil tur di sekitar pulau keesokan paginya setelah sarapan harga perahu bervariatif tergantung harga bbm naik atau turun..

Titik pertama kami yaitu Hotel California, merupakan salah satu tempat terbaik menyelam dan snorkeling di Togean, Walau hanya seperti sebuah gubuk di tengah laut. Tapi pemandangannya itu sungguh menakjubkan, akhirnya Kami menghabiskan 2 jam dan melanjutkan ke tujuan berikutnya, Poyalisa. Sebuah pulau kecil yang terletak di Desa Bomba, membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kadidiri ke selatan dari Togeans. Pulau Poyalisa ini mungkin kecil tetapi keindahannya sangatlah besar, rasanya seperti Anda baru saja memasuki salah satu mimpi karena disini terdapat laguna, pantai berpasir putih dan air pirus biru.

nantidulu.com
Poyalisa , Permata yang tersembunyi

Sebelum Anda memutuskan untuk datang ke Togean, baiknya Anda membuat reservasi dulu deh, karena hal tentang Togean yang harus Anda ketahui, tidak ada internet, hanya ada koneksi ponsel sangat terbatas di pulau jadi ini sangat penting. Terdapat 3 resort di pulau. Yang termurah adalah Pondok Lestari dengan harga sekitar 100 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah kemidian Hitam Marlin Dive Resort, tempat yang sangat nyaman untuk para Divers dengan kisaran harga antara 200 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. kemudian Kadidiri Paradise, terkenal dengan dermaga pribadi yang panjang, tempat sempurna untuk melihat sunset tapi  disini agak mahal menurut saya yaitu dengan Harga mulai dari 250 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah. Jadi mana yang cocok untuk anda? namun yang pasti adalah semuanya 3 kali makan disertakan dengan gratis teh dan kopi sepanjang hari

nantidulu.com
Dermaga kayu pribadi , Kadidiri Paradise Resort

lanjut ..

Hari ini hari ketiga dan merupakan hari terakhir disini tapi tunggu dulu ibarat hidangan dimeja besar justru yang terakhir adalah hidangan penutup yang benar-benar lezat sebagai pelengkap . Karina Beach ( sambil teriak dengan intonasi sedang ) Aku suka sekali tempat ini, pasirnya seperti gula putih halus , angin, air biru jernih di depan mata Anda seperti dalam mimpi deh. Semakin komplit rasanya kenikmatan akan keindahan ini sambil minum kelapa muda segar dari pohon so pasti sambil berenang , Wisatawan sering menghabiskan malam di sini dengan bercamping

nantidulu.com

nantidulu.com
Karina beach , Togean @Ririn_milyana

Sebenarnya masih panjang lagi setelah itu kami kembali ke Pulau Kadidiri dan menghabiskan malam disana dengan api unggun sambil bernyanyi dengan teman-teman . huuufffft bahagia . seperti sedang bermimpi tapi nyata . hahaha ..

Cerita dan foto Togean sepotong surga yang jatuh ke bumi oleh @ririn_milyana , teman admin jadi jika ada yang mau ke Togean atau ke Gorontalo silahkan  bisa menghubungi admin atau kontak langsung ke akun sosialnya @ririn_milyana

nantidulu.com

nantiduluid
Sangat suka menulis , menghindari stuck dalam hal apapun

Menikmati Keindahan Gunung Sumbing

Menikmati Keindahan Gunung Sumbing

Gunung Sumbing selalu menawarkan pesona bagi para pendaki . Keindahan dan petualangan yang menantang akan pendakian yang ditawarkan salah satu gunung api yang terletak di Jawa Tengah ini membuat Gunung Sumbing menjadi favorit para pendaki dan traveler pencinta alam di Indonesia, tak ketinggalan nantidulu.com ketika mendapat tag  dari salah satu kawan yang mengadakan pendakian di Gunung Sumbing langsung deh kita wawancara untuk pembuatan artikel ini .. penasaran dengan foto dan cerita serunya .. simak selengkapnya pengalaman menikmati keindahan Gunung Sumbing dari kawan @moer_baoet

nantidulu.com
Dulu pas sekolah ibu guru bilang “gantungkan cita-citamu setinggi langit” tapi sekarang banyak orang bilang klo mimpi jangan ketinggian ntar jatuh sakit. Kenyataanya sekarang saya malah bisa jalan-jalan di atas awan , lari-lari lagi :Ditu semua tergantung pola pikir kita masing-masing agar jika sudah tinggi agar tidak sombong dan harus selalu peduli pada sesama @moer-Baoet Mt. Sumbing

Yang penting sih kalau misalkan mau muncak isi dengan banyolan itu perlu buat menghilangkan jenuh karena yang namanya muncak butuh tenaga , tubuh yang fit seperti melakukan olahraga ringan satu minggu sebelum pendakian buat melatih pernapasan soalnya bahaya bagi yang punya masalah pernapasan , Pikiran jangan ngeres saat perjalanan ke atas hahaha maksudnya biar tenaga gak cepat habis karena mikir yang macam-macam terus banyak doa dan saat mendaki gunung ini mungkin teman-teman juga bakal nemuin makam teman lain yang masih kurang beruntung menyelesaikan perjalanannya (buat renungan) dan tentu saja jangan lupa kita jaga alam kita bersama .

nantidulu.com
sejauh apa mata ini memandang sejauh apa langkah kaki ini bergoyang segila apa hati ini berdendang hanya untuk mengobati rindu di atas seculi tanah surga Mt. Sumbing @moer_baoet

Dengan melakukan perjalanan ke Gunung Sumbing membuat saya semakin mengagumi keindahan ciptaan Tuhan saya lebih belajar lagi untuk mensyukuri nikmat Tuhan .. Alam bisa menjadi pelarian terbaik kita, yang ngangenin sih banyak dalam perjalanan ini mulai dari hampir ditilang karena gak membawa SIM pada saat baru memulai perjalanan dari Pekalongan hehe yang ini jangan dicontoh ya .. Seluncuran dari atas lewat rute yang berbeda-beda dan bertemu dengan angin yang kencang luar biasa . Namun yang lebih ngangenin adalah rindu ini takkan bisa terlupa Cieee… 😀  iya rindu buat jalan lagi bersama tiga kawan saya selama 7 jam tanpa berhenti

nantidulu.com
Bukan tentang rasa sakit tapi keyakinan dan tekad yang kuat bisa mengalahkan segalanya, hidup itu belajar .. belajar untuk mengalahkan diri sendiri dan apa yang ada disekitar kita . Mt Sumbing Wonosobo Jawa Tengah @moer_baoet

nantidulu.com

Sayang sekali pada saat pulang dari Gunung Sumbing kami melihat kebakaran hutan di samping jalan , kabut tebal menghalangi jarak pandang berkilo-kilo . Semoga kebakaran tersebut cepat padam deh supaya hutannya tetap terjaga. Salam buat ketiga teman saya Andi , Bang Kribo ( Ibnu ) dan Dwi Tembem kapan kita main kesini lagi.

nantiduluid
Sangat suka menulis , menghindari stuck dalam hal apapun