Togean sepotong surga yang jatuh ke bumi

“My heart belongs to the sea, and Home is where your heart is ” @ririn_milyana

Aku memutuskan untuk pergi dengan My Best Friend dan juga My Travel Mate InQy untuk liburan akhir pekan. Kami langsung ke pelabuhan Gorontalo tepat setelah jam bekerja, butuh waktu sekitar 15 menit dari kota dengan Bentor (Becak Motor) dan Anda dapat membayar 10 ribu rupiah. Dari bandara, itu akan mengambil minimal 1 sampai 1 setengah jam, tergantung pada lalu lintas tapi jangan khawatir, hampir tidak ada kemacetam disini, di Gorontalo. Dari bandara Anda dapat mengambil mobil atau disebut kijang taksi untuk 75 ribu rupiah setiap atau per orang. Sebenarnya Kepulauan Togean atau Togeans merupakan bagian dari Sulawesi Tengah tapi itu yang paling dekat dari Gorontalo daripada dari Palu, ibu kota Sulawesi Tengah. Dan yang juga lebih murah karena bukan terbang dari Jakarta ke Palu dan mengambil bus semua jalan ke Ampana dan menangkap feri ke Wakai, itu akan jauh lebih baik dan menghemat banyak waktu Anda untuk hanya terbang dari Jakarta ke Gorontalo dan mengambil feri Langsung ke Wakai. Harga feri 63.000 rupiah untuk kelas ekonomi, 72 ribu rupiah untuk Tatami (garis Tidur dengan kasur), 89 ribu rupiah untuk kelas bisnis dengan kondisi udara (AC) setiap hari Selasa dan Jumat 17:00. Perjalanan ke Togeans akan 12 jam yang panjang tetapi sekali Anda sampai di sana, itu semua akan sia-sia … Togean sepotong surga yang jatuh ke bumi

Kamipun tiba di Wakai pukul 8 pagi dan sebuah speed boat Hitam sedang menunggu untuk membawa kami ke Pulau Kadidiri, yang paling dekat dan pulau paling populer di Togeans,

nantidulu.com

nantidulu.com
Pondok Lestari , Kadidiri Island

hari pertama di pulau kami bersantai di tempat tidur gantung, membaca buku , bermain kolam renang, berenang di depan bungalo dan menikmati matahari terbenam. Kami mengambil tur di sekitar pulau keesokan paginya setelah sarapan harga perahu bervariatif tergantung harga bbm naik atau turun..

Titik pertama kami yaitu Hotel California, merupakan salah satu tempat terbaik menyelam dan snorkeling di Togean, Walau hanya seperti sebuah gubuk di tengah laut. Tapi pemandangannya itu sungguh menakjubkan, akhirnya Kami menghabiskan 2 jam dan melanjutkan ke tujuan berikutnya, Poyalisa. Sebuah pulau kecil yang terletak di Desa Bomba, membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kadidiri ke selatan dari Togeans. Pulau Poyalisa ini mungkin kecil tetapi keindahannya sangatlah besar, rasanya seperti Anda baru saja memasuki salah satu mimpi karena disini terdapat laguna, pantai berpasir putih dan air pirus biru.

nantidulu.com
Poyalisa , Permata yang tersembunyi

Sebelum Anda memutuskan untuk datang ke Togean, baiknya Anda membuat reservasi dulu deh, karena hal tentang Togean yang harus Anda ketahui, tidak ada internet, hanya ada koneksi ponsel sangat terbatas di pulau jadi ini sangat penting. Terdapat 3 resort di pulau. Yang termurah adalah Pondok Lestari dengan harga sekitar 100 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah kemidian Hitam Marlin Dive Resort, tempat yang sangat nyaman untuk para Divers dengan kisaran harga antara 200 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. kemudian Kadidiri Paradise, terkenal dengan dermaga pribadi yang panjang, tempat sempurna untuk melihat sunset tapi  disini agak mahal menurut saya yaitu dengan Harga mulai dari 250 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah. Jadi mana yang cocok untuk anda? namun yang pasti adalah semuanya 3 kali makan disertakan dengan gratis teh dan kopi sepanjang hari

nantidulu.com
Dermaga kayu pribadi , Kadidiri Paradise Resort

lanjut ..

Hari ini hari ketiga dan merupakan hari terakhir disini tapi tunggu dulu ibarat hidangan dimeja besar justru yang terakhir adalah hidangan penutup yang benar-benar lezat sebagai pelengkap . Karina Beach ( sambil teriak dengan intonasi sedang ) Aku suka sekali tempat ini, pasirnya seperti gula putih halus , angin, air biru jernih di depan mata Anda seperti dalam mimpi deh. Semakin komplit rasanya kenikmatan akan keindahan ini sambil minum kelapa muda segar dari pohon so pasti sambil berenang , Wisatawan sering menghabiskan malam di sini dengan bercamping

nantidulu.com

nantidulu.com
Karina beach , Togean @Ririn_milyana

Sebenarnya masih panjang lagi setelah itu kami kembali ke Pulau Kadidiri dan menghabiskan malam disana dengan api unggun sambil bernyanyi dengan teman-teman . huuufffft bahagia . seperti sedang bermimpi tapi nyata . hahaha ..

Cerita dan foto Togean sepotong surga yang jatuh ke bumi oleh @ririn_milyana , teman admin jadi jika ada yang mau ke Togean atau ke Gorontalo silahkan  bisa menghubungi admin atau kontak langsung ke akun sosialnya @ririn_milyana

nantidulu.com

Menikmati Keindahan Gunung Sumbing

Menikmati Keindahan Gunung Sumbing

Gunung Sumbing selalu menawarkan pesona bagi para pendaki . Keindahan dan petualangan yang menantang akan pendakian yang ditawarkan salah satu gunung api yang terletak di Jawa Tengah ini membuat Gunung Sumbing menjadi favorit para pendaki dan traveler pencinta alam di Indonesia, tak ketinggalan nantidulu.com ketika mendapat tag  dari salah satu kawan yang mengadakan pendakian di Gunung Sumbing langsung deh kita wawancara untuk pembuatan artikel ini .. penasaran dengan foto dan cerita serunya .. simak selengkapnya pengalaman menikmati keindahan Gunung Sumbing dari kawan @moer_baoet

nantidulu.com
Dulu pas sekolah ibu guru bilang “gantungkan cita-citamu setinggi langit” tapi sekarang banyak orang bilang klo mimpi jangan ketinggian ntar jatuh sakit. Kenyataanya sekarang saya malah bisa jalan-jalan di atas awan , lari-lari lagi :Ditu semua tergantung pola pikir kita masing-masing agar jika sudah tinggi agar tidak sombong dan harus selalu peduli pada sesama @moer-Baoet Mt. Sumbing

Yang penting sih kalau misalkan mau muncak isi dengan banyolan itu perlu buat menghilangkan jenuh karena yang namanya muncak butuh tenaga , tubuh yang fit seperti melakukan olahraga ringan satu minggu sebelum pendakian buat melatih pernapasan soalnya bahaya bagi yang punya masalah pernapasan , Pikiran jangan ngeres saat perjalanan ke atas hahaha maksudnya biar tenaga gak cepat habis karena mikir yang macam-macam terus banyak doa dan saat mendaki gunung ini mungkin teman-teman juga bakal nemuin makam teman lain yang masih kurang beruntung menyelesaikan perjalanannya (buat renungan) dan tentu saja jangan lupa kita jaga alam kita bersama .

nantidulu.com
sejauh apa mata ini memandang sejauh apa langkah kaki ini bergoyang segila apa hati ini berdendang hanya untuk mengobati rindu di atas seculi tanah surga Mt. Sumbing @moer_baoet

Dengan melakukan perjalanan ke Gunung Sumbing membuat saya semakin mengagumi keindahan ciptaan Tuhan saya lebih belajar lagi untuk mensyukuri nikmat Tuhan .. Alam bisa menjadi pelarian terbaik kita, yang ngangenin sih banyak dalam perjalanan ini mulai dari hampir ditilang karena gak membawa SIM pada saat baru memulai perjalanan dari Pekalongan hehe yang ini jangan dicontoh ya .. Seluncuran dari atas lewat rute yang berbeda-beda dan bertemu dengan angin yang kencang luar biasa . Namun yang lebih ngangenin adalah rindu ini takkan bisa terlupa Cieee… 😀  iya rindu buat jalan lagi bersama tiga kawan saya selama 7 jam tanpa berhenti

nantidulu.com
Bukan tentang rasa sakit tapi keyakinan dan tekad yang kuat bisa mengalahkan segalanya, hidup itu belajar .. belajar untuk mengalahkan diri sendiri dan apa yang ada disekitar kita . Mt Sumbing Wonosobo Jawa Tengah @moer_baoet

nantidulu.com

Sayang sekali pada saat pulang dari Gunung Sumbing kami melihat kebakaran hutan di samping jalan , kabut tebal menghalangi jarak pandang berkilo-kilo . Semoga kebakaran tersebut cepat padam deh supaya hutannya tetap terjaga. Salam buat ketiga teman saya Andi , Bang Kribo ( Ibnu ) dan Dwi Tembem kapan kita main kesini lagi.

Tips Mewujudkan Liburan Bersama Keluarga

Tips Mewujudkan Liburan Bersama Keluarga

nantidulu.com

Saat kita sedang melakukan perjalanan sendiri kadang saat kita menemukan tempat indah langsung terbesit dibenak kita untuk suatu saat mau membawa keluarga menikmati suasana tersebut , nah tentu saja siapa yang tidak ingin berlibur bersama keluarga namun terkadang memang banyak halangan dan rintangan untuk mewujudkan rencana liburan bersama keluarga.

Berikut ini beberapa tips untuk dapat mewujudkan rencana liburan bersama keluarga anda

  1. Rencanakan keuangan , cara terbaik adalah bagi setiap anggota keluarga yang telah memiliki penghasilan wajib menyisihkan beberapa dari gajinya untuk nanti digunakan pada saat liburan. Tentu saja selain memupuk kebersamaan dengan cara ini bisa saja liburan keluarga akan lebih mudah untuk terwujudkan karena jika keuangan ada maka rencana perjalanan/liburan bisa disusun
  2. Diskusi untuk merencanakan waktu yang tepat , nah ini nih yang biasanya paling susah yaitu mendapatkan waktu kebersamaan yang tepat karena biasanya saat yang satu sedang tidak sibuk yang lainnya malah sebaliknya , sehingga diskusi diperlukan guna mendapatkan waktu yang tepat untuk bersama pergi liburan
  3. Komitmen , setiap anggota keluarga harus berkomitmen untuk tidak menunda karena tentu saja acara liburan ini ditujukan untuk seluruh anggota keluarga . Biasanya saat point 1 & 2 sudah komplit ehhh karena tidak komitmen mungkin terpengaruh sama urusan lainnya anggota keluarga yang lain malah gak jadi atau membatalkan , kalau sudah begini kan sudah tidak asik dan biasanya kalau sudah ada yang cancel yang lain juga akan ikut-ikutan. Jadi diperlukan nih komitmen sesama anggota keluarga untuk bisa meninggalkan kesibukannya demi acara keluarga
  4. Bagi anda yang sudah biasa dalam melakukan liburan , traveling agar menyiapkan segala informasi teknis seperti transportasi , penginapan kemudian disosialisasikan pada anggota keluarga lainnya , agar rencana liburan teresan matang dan sungguh-sungguh

Demikian beberapa tips untuk mewujudkan rencana liburan keluarga yang tentu saja akan sangat bermanfaat bagi keluarga karena liburan bagi keluarga juga penting selain untuk menghilangkan stress liburan keluarga juga akan menambah keharmonisan sesama anggota keluarga , jika kawan memiliki beberapa tips lainnya silahkan bisa berkomentar untuk menambahkan tips kawan

Dua hal yang bikin kamu gagal pergi liburan

Siapa yang tidak mau mengisi hidupnya dengan liburan tentu semua orang punya keinginan untuk mengisi waktu luangnya dengan liburan , namun beberapa hal ini yang sering kali membuat kita susah untuk merealisasikan liburan buat diri kita sendiri sehingga kita hanya menghabiskan waktu kita di rumah dan di tempat aktivitas sehari-hari .

yang pertama Biaya dan Waktu belum memadai  nah kalau alasan yang ini sampai kapanpun akan menjadi hambatan bagi kita namun tentu saja bukan menjadi hambatan bagi kita untuk dapat menikmati dunia kita caranya adalah mulailah dengan mengeksplore daerah kita sendiri dulu . coba-coba buka di google spot-spot wisata menarik di daerah kamu sendiri karena ternyata kamu akan kaget ternyata banyak sekali tempat di daerahmu sendiri yang belum kamu kunjungi , coba kunjungi beberapa tempat tersebut tentu saja hanya dengan bermodalkan ongkos bensin kamu akan dapat mencapai keinginan menikmati keindahan dunia kamu dan kamu dapat melakukannya di akhir pekan .

yang kedua , yang membuat kita lama untuk jalan adalah sering menungu teman yang selalu sibuk , nah sobat alangkah baiknya memang saat hendak melakukan traveling atau liburan adalah kita bersama teman-teman atau keluarga kita tentu saja akan lebih seru dan bermakna . Namun jika susah untuk berkumpul dan mendapatkan waktu bersama . Tentu saja sobat harus mulai mencoba berjalan sendiri dan menemukan pengalaman baru dalam dunia sobat . tidak usah kuatir karena sobat bisa memanfaatkan fitur seperti google maps untuk menemukan lokasi Cobalah memulai petualangan karena banyak hal seru telah menunggu , dan tertunda untuk sobat nikmati .

Nah gimana tidak ada lagi kan alasan untuk tidak bisa menikmati keindahan dunia kita sendiri ? jadi stop dengan hanya membayangkan saja atau hanya melihat foto-foto orang , mulailah dengan daerah sendiri dulu pada akhir pekan ini akan sangat mungkin terealisasi , masa orang lain dari daerah bahkan negara lain sudah menginjakan kakinya di tempat favorit di daerah kita terus kita sendiri belum merasakan keindahan dunia kita . Just Enjoy your world and have fun with your self

 

Festival “Pasola” Perang Berkuda dari Sumba

Festival “Pasola” Perang Berkuda dari Sumba

Kalau kita biasanya hanya menyaksikan atraksi perang berkuda dari film-film yang berasal dari luar negeri , ternyata di negeri kita sendiri tepatnya di tanah Sumba terdapat perang berkuda yang sangat menarik untuk disaksikan yaitu Festival Pasola di Sumba , Nusa tenggara Timur . Bukan perang sungguhan tapi merupakan permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu kencang antara dua kelompok yang berlawanan. Pasola merupakan bagian dari serangkaian upacara tradisional yang dilakukan oleh orang Sumba yang masih menganut agama asli yang disebut ( Marapu agama lokal masyarakat sumba )

Seorang peserta sedang menunggang kudanya bersiap untuk permainan perang Pasola . Foto @eka_anakonda19

“kita seperti berada di tengah medan pertempuran yang sangat sengit antara dua tim berkuda yang saling melempar tombak” akan menjadi pengalaman yang  keren banget karena kita menyaksikan atraksi ini dari jarak dekat  . Serius kakak-kakak sekalian wajib nonton Festival Pasola ini .

nantidulu.com
Festival Pasola , Sumba Photo By @eka_anakonda19
nantidulu.com
@eka_anakonda19

Karena penasaran dan mendengar cerita dari teman-teman yang sudah pernah menyaksikan keseruan Festival Pasola ini , saya beserta kedua kakak saya akhirnya memutuskan untuk pergi ke Lamboya , Sumba Timur karena saat itu di Lamboya akan menyelenggarakan acara ini .  Jalan kesana cukup sempit ditambah ribuan orang sedang menuju tempat itu , festival ini diadakan di lapangan yang luas dan sesampainya kami disana lapangan tersebut sudah dikelilingi ribuan orang  . Selain merasakan suasana seperti dalam perang kuda sungguhan permainan ini akan membuat para penonton tertawa karena kelucuannya , hal lucu tersebut terjadi saat para pemain yang terjatuh dari atas kuda kehilangan keseimbangan karena menghindar atau terkena tombak .. 😀 ,  dan yang lebih seru lagi adalah kita bisa bergabung bersama pemain naik kuda dan ikut berperang jika mau kita bisa menghubungi panitia sebelum acara dimulai . Keseruan permainan ini membuat saya tidak ingin cepat-cepat selesai acaranya

nantidulu.com
Festival Pasola , Lamboya Sumba . Photo By @eka_anakonda19
nantidulu.com
Peserta yang jatuh dari kuda , karena menghindar atau terkena tombak  Foto : @eka_anakonda19

Acara adat ini biasanya dilaksanakan di beberapa kampung antara lain Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura. Pelaksanaan pasola di keempat kampung ini dilakukan secara bergiliran, yaitu antara bulan Februari hingga Maret setiap tahunnya (Jadwal Festival Pasola 2017) ,

nantidulu.com
Bertiga menikmati dan menjelajahi keindahan Sumba

sebagai tips jika ingin menyaksikan rangkaian acara ini , sediakan payung atau topi karena acara ini diadakan ditempat terbuka di bawah matahari langsung , dan jangan lupa makan karena keseruan acara ini membuat kita lupa makan .

Demikian , Sampai jumpa di Sumba

*Foto dan Cerita oleh : @eka_anakonda19