Pentingkah debat Capres pake Bahasa Inggris?

Topik ini memang sedang hangat dibicarakan.

Mari kita langsung pada intinya.

Menurut nantidulu.com ide menggunakan Bahasa Inggris dalam sesi tertentu pada debat Capres nanti adalah penting dan juga baik.

Namun pertanyaan selanjutnya adalah apabila kedua kandidat nanti berdebat menggunakan Bahasa Inggris,

Apakah seluruh masyarakat Indonesia sudah siap?

Dan apakah seluruh masyarakat nanti akan memahami dengan baik dan jelas maksud serta tujuan yang akan diutarakan oleh kedua Kandidat dalam debat yang menggunakan bahasa asing tsb.

Dikarenakan kita belum siap yang ada hanyalah salah paham dan tidak memahami dengan baik visi misi Capres untuk bangsa dan negara.

Memang hal ini bisa disiasati dengan menghadirkan penerjemah saat sesi debat,

Namun kemudian menjadi lucu karena ternyata kita yang menuntut harus debat menggunakan Bahasa Inggris harusnya tidak memerlukan penerjemah jadi bagaimana nanti kita mengukur kemampuan masing-masing kandidat jika kita masih memerlukan Penerjemah.

Ide menggunakan Bahasa Inggris dalam debat Capres itu bagus.

Karena kita baru saja terbebas dari istilah buta huruf dan sekarang nampaknya ada keinginan untuk cepat melek bahasa asing.

Namun bukankah akan lebih baik kalau kita lebih dulu menggaungkan tuntutan bagi Pemerintah untuk bagaimana caranya generasi kita bisa menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya guna meningkatkan kapasitas diri serta daya saing tinggi.

Akan lebih penting lagi jika kita menyerukan Pemerintah untuk mencari sistem atau fasilitas yang tepat dalam metode Pendidikan agar anak-anak nantinya cepat bisa menguasai Bahasa Asing.

Nanti apabila kita sudah benar-benar siap barulah kita coba ajukan untuk diadakan debat Capres dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Pemilihan Presiden sudah di depan mata.

Perbedaan pendapat tidak bisa dihindari.

Tapi walau berbeda mari kita jadi agen pembawa kebaikan dan bertanggung jawab.

Calon kita cuma dua, kalau bukan Pak Prabowo ya Jokowi.

Saya yakin tujuan keduanya sama-sama ingin memajukan Indonesia, cuma caranya saja yang berbeda.

Jadi gimana pentingkah dan perlukah debat Capres kali ini menggunakan Bahasa Inggris?

Foto : Pesawat Kepresidenan Sumber Wikipedia.

Tinggalkan Balasan